Selamat Datang

Selamat membaca. Semoga bermanfaat !

Rabu, 01 Mei 2013

OLEH-OLEH NUSANTARA



Dodol Nanas Kartika Asli dari Subang, Jawa Barat.
Air mineral yang sedang 'IN' di kota Subang. 

Nanas Subang, dijajakan disepanjang jalan kota Subang.
       Bila pulang dari bepergian, selalu saja ada yang menagih oleh-oleh. Karena itu, sebisa mungkin kami selalu membeli oleh-oleh buat keluarga dan teman-teman dekat. Selain karena oleh-oleh atau buah tangan dapat menjadi pengingat bahwa kita pernah berkunjung ke suatu tempat tertentu, oleh-oleh juga bisa menjadi perekat tali silahturahmi.
       Coba ingat-ingat apabila kita sedang berada ditempat tertentu dan teringat pada sanak keluarga atau teman, pasti dalam hati, kita sangat ingin menyenangkan mereka kala kita pulang nanti dengan menghadiahi mereka oleh-oleh. Sedangkan bila kita sendiri yang memperoleh oleh-oleh dari orang lainpun akan merasa sangat senang dan bahagia bahwa kita diingat dan dicintai. Alangkah besarnya arti buah tangan!

Chocodot, gula asam dan sirup rasa sarsaparila dari Garut, Jawa Barat.

Teh hijau, Sirup Vanila, Rengginang mentah dan Kecap Asli Garut.

Boneka bebek dari bonggol bambu, kerajinan unik dari Klaten, Jawa Tengah.
Keramik khas Bayat dari Klaten.
       Berkunjung ke Kota Garut yang sejuk sangat menyenangkan. Banyak tempat wisata alam yang memanjakan pengunjung. Selain itu, banyak oleh-oleh yang dapat dibawa pulang untuk keluarga tercinta dirumah. Oleh-oleh yang sangat digandrungi adalah olahan dodol. Dodol andalan Kota Garut sedari jaman dulu adalah Dodol Piknik, menyusul Dodol Herlinah. Tapi yang paling gres adalah Chocodot, yang terdiri dari bermacam-macam olahan dodol dan coklat serta coklat dengan aneka rasa 'nyeleneh'. Ada coklat Anti Galau, Coklat Sesuwatu, Coklat Gawat Darurat dan lainnya seperti rasa capucino, rasa pedas, rasa jeruk, rasa jahe dan masih banyak lagi.
       Yang tidak boleh ketinggalan adalah mengunjungi daerah Sukaregang, sentra kulit di kota ini. Oleh-oleh dari tempat ini beragam sekali, mulai dari gantungan kunci model jaket, sepatu boot serta dompet untuk pria dan wanita. Juga ikat pinggang asli kulit, jaket dengan berbagai model serta sepatu dan sandal. Harganya bisa ditawar.

Kain Tenun dari NTT

Syal, tenunan dari NTT. 
Kain tenun dari NTT
       Bila berkunjung ke NTT, oleh-oleh yang bisa dibeli diantaranya adalah kain tenun asli. Corak dan motifnya sangat berbeda antara kabupaten yang satu dengan yang lain. Harganya juga beragam. Untuk sebuah syal ukuran lebar 20 cm dan panjang sekitar 120 cm dengan benang pabrikan dihargai Rp. 50.000. Sedangkan untuk ukuran yang sama dengan benang asli yang diolah dengan pewarna alami dihargai Rp. 150.000.
       Sedangkan harga kain tenun asli dengan ukuran lebar 120 cm dan panjang 200 cm berkisar antara Rp.450.000 sampai Rp. 600.000. Untuk ukuran yang sama dengan memakai benang campuran antara yang asli alami dan benang pabrikan berkisar Rp. 200.000 sampai Rp. 350.000.
       Oleh-oleh yang sungguh murah meriah adalah alpukat. Untuk tiga buah alpukat mentega super ukuran dua kepal orang dewasa hanya Rp. 10.000. Sedangkan untuk kopi Manggarai yang terkenal itu, dapat dibeli seharga Rp. 30.000 untuk kemasan 450 gram. Yang tidak dikemas adalah kopi asli Hokkeng yang dijual Rp. 60.000 perkilonya.
       NTT juga terkenal dengan ikan asinnya yang diolah secara alamiah dan dijual mulai dari harga Rp. 100.000 hingga Rp. Rp. 300.000 perkilonya.

Sambal asli Makassar.
Sirup Markisa asli dari Makassar.
       Lain lagi bila mampir di Makassar. Oleh-oleh yang paling top dari Kota Ujungpandang ini adalah sirup markisa asli yang dikemas dalam berbagai ukuran, mulai dari yang paling kecil 500 ml sampai yang 3 L juga ada. Harganya sangat beragam dengan merk yang bermacam-macam pula. Untuk ukuran 500 ml dijual sekitar Rp. 60.000 sampai Rp, 70.000.
       Bila hanya transit di Bandara Makassarpun, kita bisa membawa berbagai macam oleh-oleh yang dijajakan di gerai dan toko di dalam kawasan bandara. Disana juga ada gerai khusus minyak atsiri yang dikemas dalam botol-botol kaca berukuran 50 ml sampai 1L. Sebagian adalah produk industri kecil skala menengah. Untuk minyak lawang ukuran 50 ml dijual Rp. 55.000. Sedangkan minyak serai ukuran 50 ml dijual Rp. 25.000. Wanginya sangat menyengat dan semerbak, menandakan keasliannya.

Hiasan gantung dari bahan kerang laut dari Jepara

Ukiran kayu berupa hiasan dinding.
       Bila bertandang ke Jepara, jangan lupa membeli buah tangan berupa souvenir ukiran kayu. Banyak sekali hasil kerajinan ukiran disana, mulai dari meja-kursi, gebyok, lemari, patung dan hiasan dinding. Tidak perlu khawatir apabila membeli bentuk ukiran dalam ukuran besar karena tersedia jasa pengiriman yang cukup terjangkau. Untuk sebuah ukiran hiasan dinding berukuran 1,3 m x 0,6 m ongkos kirim dari Jepara ke Jakarta hanya Rp.150.000 saja.
       Sentra patung dan ukiran terdapat di Desa Mulyoharjo. Sedangkan untuk lemari dan meja kursi dapat ditemui di Desa Tahunan dan Senenan. Desa Tahunan dan Senenan terletak di sebelah selatan Jepara, sedangkan Desa Mulyoharjo tidak jauh dari pusat kota.
       Bila berkunjung ke Jepara, sempatkan untuk berwisata ke Pantai Kartini. Selain menikmati pantainya yang landai dan bersih, ada Wahana Kura-kura Ocean Park. Disana banyak oleh-oleh yang terbuat dari kulit kerang, mulai dari gantungan kunci, bros, gelang, kalung, tirai sampai kap lampu. Harganya murah-murah, mulai dari Rp.2500 hingga Rp. 35.000 saja.

Asbak

Tirai dari kulit kerang
       Bila berkunjung ke kota Kudus, selalu tidak ketinggalan oleh-oleh Jenang Kudus, terutama produk dari Jenang Mubarok yang sudah terkenal tersebut. Kuliner yang sudah melegenda tentu saja adalah Soto Kudus. Ada tempat yang afdol untuk menikmati wisata kuliner di Kudus yakni di Taman Bogana.


       Mampir di Brebes, selain oleh-oleh telor asin yang mentah, rebus dan panggang, ada juga oleh-oleh lain yang bisa dibawa pulang seperti abon ikan dan rengginang.




        
       Sedangkan di kota Tegal, telor asin juga merupakan oleh-oleh favorit dari kota ini. Selain itu ada kecap asli dari Tegal dan perangkat teko dan cangkir dari tanah liat.

Teko dan cangkir dari tanah liat juga bisa dijadikan souvenir.
Kecap manis
       Bila ke Pulau Bali, selain oleh-oleh kaos Joger, juga ada oleh-oleh penganan yang menjadi andalannya. Bila ke Titiles, jangan lupa membeli sosis ham serta abon dan dendeng. Untuk penganan yang halal tersedia abon sapi. Pia Legong yang populer dan Pie Susu yang diburu di Bali sebagai oleh-oleh paling laris saat ini. Ada juga kacang disko, kacang tanah berbalut tepung yang digoreng garing dengan aneka rasa pilihan. Ada juga kopi luwak dan aneka keperluan spa khas Bali. Semua dikemas dengan cantik dan menarik.







       Bertandang ke Purwokerto lain lagi oleh-oleh yang bisa dibawa dari kota yang terkenal akan tempat wisatanya yakni Baturraden. Oleh-oleh dari Kabupaten Banyumas ini yang paling banyak diburu adalah getuk goreng. Disepanjang jalan terdapat banyak sekali pedagang getuk goreng dan pelbagai jenis penganan lainnya. Diantara sekian banyak toko, terlihat Toko Haji Tohirin yang paling banyak memiliki cabang dan tersebar dihampir semua pelosok Kabupaten Banyumas.