Selamat Datang

Selamat membaca. Semoga bermanfaat !

Jumat, 22 Januari 2016

TEMPAT ZIARAH UMAT KATOLIK

       Banyak orang mengikuti ziarah sebagai tujuan devosional dengan melakukan perjalanan untuk mencari bimbingan atau petunjuk spiritual dengan maksud mengajukan permohonan khusus kepada Tuhan dan atau mengucapkan syukur atas permohonan yang dikabulkan.
       Banyak tempat ziarah yang dapat dikunjungi di seluruh dunia, tak terkecuali di tanah air. Sebagian besar adalah tempat-tempat yang diyakini pernah terjadi penampakan Bunda Maria. Kendati demikian ada juga tempat yang tidak terjadi penampakan, namun tempat suci tersebut dipersembahkan kepada Bunda Maria.
       Selain itu tentu saja adalah tempat-tempat bersejarah dan memiliki nilai spiritual bagi umat Katolik khususnya yang berkaitan dengan kisah dan kejadian yang dituliskan dalam Injil, baik Perjanjian Lama maupun Perjanjian Baru yakni tempat-tempat yang disinggahi Yesus serta para murid-Nya dan para pengikut Kristus setelah wafat-Nya.
   
 Berikut ini beberapa tempat ziarah favorit bagi umat Katolik dari seluruh dunia:

1. TANAH SUCI DAN KOTA SUCI YERUSALEM.

       Kota Suci Yerusalem merupakan tempat ziarah yang paling banyak dikunjungi oleh umat Kristiani dari seluruh dunia. Ziarah ke Tanah Suci ini lebih merupakan napak tilas perjalanan kehidupan Yesus Kristus yang dimulai dari sebelum kelahiran-Nya, yakni zaman Nabi Musa di Mesir sampai akhir hayat-Nya di Bukit Tengkorak. Rangkaian perjalanan ziarah ke Tanah Suci meliputi Mesir, Yordania, Palestina dan Kota Suci Yerusalem di Israel.

Biara St. Chaterine di Semenanjung Sinai, Mesir.

Tempat Yesus dilahirkan, Gereja Navity di Bethlehem.
Kota Suci Yerusalem
2. VATIKAN, ROMA

       Vatikan di Roma, Italia merupakan pusat pemerintahan tertinggi Gereja Katolik didunia yang dipimpin oleh seorang Paus. Ziarah ke Vatikan dan Roma mendapatkan tempat istimewa dihati umat Katolik karena selain dapat menjumpai Paus, Vatikan dan Roma terkenal dengan arsitekturnya yang indah dan megah terutama bangunan-bangunan Gereja dan patung-patung serta lukisan-lukisan mahakarya seniman Gereja pada zaman dahulu.

Basilika St. Petrus di Vatikan.
Gereja St. Ignasius Loyola di Roma
Museum Nasional di Roma, menyimpan berbagai  benda bersejarah Gereja.
3. LOURDES, PERANCIS

       Lourdes adalah sebuah kota kecil di barat daya Perancis, tepatnya berada dikaki pegunungan Pyrenees.  Yang membuatnya banyak dikunjungi oleh peziarah dari seluruh dunia adalah sebuah gua yang didalamnya terdapat Patung Bunda Maria terbuat dari pualam. Bunda Maria menampakkan diri-Nya kepada seorang gadis kecil, St. Bernadette Soubirous di gua itu yang sekaligus merupakan sebuah mata air.

La Grotte de Bernadette, Lourdes, ramai dikunjungi peziarah
khususnya pada bulan Maria, Mei dan Oktober.
4. FATIMA, PORTUGAL

       Fatima adalah sebuah kota kecil di barat Portugal, kurang lebih 110 km dari Lisbon, ibukota Portugal. Kota ini hanyalah sebuah kota kecil biasa yang terletak di daerah berbatu dan merupakan penghasil minyak zaitun. Pada tahun 1916, Bunda Maria menampakkan diri pada tiga orang anak kecil di Fatima, yakni Lucia, Francisco dan Jacinta.  Ditempat penampakan tersebut kini dibangun sebuah Gereja yakni Basilika Fatima.

Basilika Fatima, Portugal

Patung Bunda Maria Dimahkotai , Basilika Fatima, Portugal

5. GUADALUPE, MEXICO

       Bunda Maria menampakkan dirinya pada seorang petani bernama Juan Diego. Kepadanya Bunda Maria berpesan agar ditempat Ia menampakkan diri dibangun sebuah Gereja. Kini Gereja Basilika Bunda Maria Guadalupe selalu ramai dikunjungi oleh peziarah dari seluruh dunia.

Basilika Bunda Maria Guadalupe, Mexico

Patung Bunda Maria Guadalupe
6. SANTIAGO DE COMPOSTELA, SPANYOL

       Katedral Santiago de Compostela di Spanyol dibangun pada tahun 1060. Didalamnya terdapat makam St. Yakobus. Bunda Maria menampakkan diri kepada St. Yakobus. Prosesi umum yang dilakukan para peziarah adalah menjamah pilar utama St. Yakobus yang diyakini memiliki kekuatan penyembuhan.

Pilar St. Yakobus di Katedral Santiago de Compostela.

Katedral Santiago de Compostela, Spanyol.
7. ASSISI, ITALIA

       Ziarah ke kota kecil Assisi di Italia adalah mengunjungi tempat-tempat St. Fransiskus dari Assisi yang banyak berkarya demi orang-orang miskin dan papa. St. Fransiskus Assisi adalah pendiri ordo OFM dengan misinya hidup miskin dan bersahaja serta memperbaiki Gereja.

Basilika St. Faransiskus Assisi 

Interior Basilika St. Fransiskus Assisi, Italia.

Gereja Santa Maria Degli Angeli di Assisi, Italia. Salah satu Gereja
yang sering dikunjungi oleh St. Fransiskus semasa hidupnya.
     
8. RIO DE JANEIRO, BRAZIL

       Bila mengunjungi Rio De Janeiro, patung Kristus Penebus ( Cristo Redentor ) tampak dari seluruh kota karena terletak di puncak gunung Corcovado, Brazil. Patung Yesus ini adalah yang tertinggi didunia, mencapai 38 meter diatas puncak Corcovado yang tingginya 710 meter. Gunung tersebut masuk dalam kawasan Taman Nasional Hutan Tijuca yang menghadap kearah kota Rio De Janeiro.

Patung Kristus Penebus ( Cristo Redentor ) dan bayangannya diwaktu sore, moment yang
banyak ditunggu fotografer dan wisatawan.

Patung Cristo Redentor di puncak gunung Corcovado.
       Masih banyak lagi tempat-tempat ziarah bagi umat Katolik dibelahan dunia yang lain. Sebagian besar belum diekspos media sehingga kurang dikenal. Kekuatan pemberitaan media juga sangat mempengaruhi minat para peziarah untuk menyambangi tempat-tempat khusus tersebut. Selain itu tentu saja adalah transportasi serta akomodasi yang dapat memudahkan para peziarah untuk melaksanakan tujuan wisata rohaninya tanpa mendapat kesulitan semisal perizinan kunjungan ataupun masalah keamanan serta keselamatan perjalanan.
       Tempat-tempat ziarah wisata rohani diatas adalah contoh tempat-tempat yang dikelola dengan sangat baik serta melibatkan banyak pihak yang menginginkan kelancaran serta kenyamanan bersama.

TEMPAT ZIARAH UMAT KATOLIK DI INDONESIA
   
       Tanah Air kita sendiri, memiliki beberapa tempat ziarah yang menjadi tujuan wisata rohani bagi wisatawan lokal maupun asing terutama pada saat-saat perayaan tertentu. Salah satunya seperti Perayaan Pekan Suci Paskah di Larantuka, Flores, di Nusa Tenggara Timur misalnya. Acara sepekan ini dikenal dengan Semana Santa.
      Prosesi Semana Santa adalah prosesi Pekan Suci yang dimulai dari Minggu Palma, Kamis Putih, Jum'at Agung, Malam Paskah hingga Minggu Paskah. Namun puncak dari semua prosesi itu adalah pada Jum'at Agung yang merupakan penghormatan dan perarakan Patung Bunda Maria mengelilingi kota Larantuka selama semalam suntuk. Semana Santa telah menjadi agenda wisata rohani bagi agen perjalanan wisata lokal maupun mancanegara. Setiap tahunnya tak kurang ribuan orang berbaur turun ke jalan-jalan di Larantuka untuk mengikuti prosesi ini.


       Wisatawan juga diajak untuk mengunjungi tempat-tempat lain seperti seminari-seminari yang tersebar di seluruh Flores serta tempat wisata keindahan alam yang sangat terkenal didunia, yakni Danau Kelimutu yang mempunyai tiga warna. Juga mengunjungi biara-biara serta gereja dan Katedral yang memang sangat banyak di Flores. Mayoritas penduduknya beragama Katolik dan mereka terlibat aktif untuk seluruh penyelenggaraan acara ini.



Labuan Bajo

Pantai Maumere

Seminari Mataloko

Danau Kelimutu

Seminari Tinggi Ritapiret
      Adapun tempat-tempat ziarah lain di Indonesia, tersebar mulai dari Pulau Sumatera, Pulau Jawa, Pulau Sulawesi dan sebagian kecil di Pulau Kalimantan, Pulau Sulawesi, dan pulau-pulau di timur Indonesia. Namun masih banyak lagi diantaranya yang belum diulas oleh media sehingga hanya pengunjung lokal saja yang berziarah ketempat tersebut. Minimnya kunjungan juga membuat pengelolaan tempat-tempat tersebut sangat terbatas dananya. Hal ini juga bisa menjadi kendala dalam transportasi, akomodasi juga kenyamanan peziarah. Hanya sebagian tempat ziarah yang sudah dikelola dengan baik dan mempunyai fasilitas yang sangat memadai untuk menerima rombongan ziarah dalam jumlah besar.
       Berikut ini adalah beberapa tempat ziarah Katolik yang terdapat di Tanah Air kita sendiri yang patut untuk kita kunjungi agar keberadaannya dapat kita pertahankan dan lestarikan, sekaligus juga memajukan pariwisata dalam negeri kita sendiri. Tempat-tempat  ziarah ini dibagi dalam wilayah-wilayah  keuskupan yang ada di Indonesia.

1. KEUSKUPAN BOGOR.

Gereja Katedral Santa Perawan Maria, Keuskupan Bogor.

1.1. GUA MARIA BUKIT KANADA
       Jl. Multatuli, Rangkasbitung. Terdapat di Paroki Santa Maria Tak Bernoda. Tidak ada sumber air  atau sendang ditempat ini.


1.2. GUA MARIA SANTA CLARA
       Biara Suster Santa Clara, Pacet (Puncak), Jawa Barat.

1.3. GUA MARIA LEMBAH KARMEL
       Berada di Pertapaan Shanti Bhuana dan Biara Putri Karmel St. Imelda di Cikarenye, Cipanas.
       Terdapat penginapan bagi peziarah dari luar kota dan rumah retret. Pada Minggu ke-2 dan ke-4   ada Misa Penyembuhan di Gereja St. Theresia de Lisieux. Terdapat sumber air yang sudah  disucikan tepat berada disebelah gua.
 
Ketika mengunjungi Gua Maria Lembah Karmel tahun 2009. Latar belakang
Gereja St. Theresia de Lisieux.
1.4. GUA MARIA SUMBER KAHURIPAN
       Terdapat didalam komplek Gereja Paroki St. Fransiskus Asisi Cibadak, Sukabumi, tepatnya di  dalam area kompleks Sekolah Mardi Yuana, Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat.  Terdapat sumber air alami disekitar lokasi.
       Tetapi karena letaknya dibawah dan jauh dari gua, maka air dialirkan dan ditampung pada  sebuah bak batu yang letaknya tepat disebelah gua.
 



Saat berziarah ke Gua Maria Sumber Kahuripan.

Gereja St.Fransiskus Asisi Cibadak

Altar Gereja St.Fransiskus Asisi Cibadak
 
1.5.  TAMAN DOA BUNDA MARIA KELUARGA KUDUS CIBINONG
       Terletak di Paroki Keluarga Kudus Cibinong, Jl. Raya Tapos No. 31, Ciriung, Cibinong, Jawa Barat.
 
       
2. KEUSKUPAN BANDUNG
Gereja Katedral St. Petrus, Keuskupan  Bandung.

2.1. GUA MARIA SAWER RAHMAT
       Terdapat di Paroki Cisantana, Kecamatan Cigugur, Kuningan.






2.2. GUA MARIA KARMEL LEMBANG
       Terdapat di Biara Suster Karmel (OCD) Paroki Santa Maria di Jl. Karmel I, Lembang. Jalan  masuknya tepat berada di sebelah Hotel Pesona Bambu, Lembang. Tempat ziarah ini   tidak menerima peserta ziarah secara rombongan, hanya untuk ziarah pribadi. Tidak terdapat  sumber mata air/sendang.


 
2.3. GUA MARIA BUNDA KRISTUS TEBAR KAMULYAN
        Terdapat di Gereja Kristus Sang Penabur, Paroki Subang, Jl. A. Nata Sukarya  No. 18 Cikalapa, Subang. Tidak ada sumber mata air/sendang.


Gereja Kristus Sang Penabur,  Paroki Subang.

2.4. TAMAN DOA GUA MARIA BUNDA HATI KUDUS YESUS
       Terdapat di Paroki Hati Kudus Yesus, Tasikmalaya tepatnya di Jl. Sutisna Senjaya No. 50, Tasikmalaya. Ada Doa Rosario setiap hari Kamis pk. 21.00 dan Misa Malam Jum'at Kliwon pada pukul 21.00.


3. KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA

 Gereja Katedral St. Perawan Maria Diangkat ke Surga,
 Keuskupan Agung Jakarta.

3.1. GUA MARIA BUNDA PENEBUS
       Terdapat di Paroki St. Thomas Rasul, Jl. Pakis Raya Blok G5/24 Bojong Indah, Jakarta Barat.

3.2. GUA MARIA FATIMAH
       Terdapat di Biara Suster Gembala Baik (RGS), Jl. Jatinegara Barat, Jakarta Timur. Di tempat ini         ada perayaan Ekaristi setiap tanggal 13 pada pukul 17.00.



Ketika berkunjung bersama rombongan umat Wilayah St. Norbertus dari Paroki St. Paulus, Depok

3.3. GUA MARIA LUBER RAHMAT
        Terdapat di Paroki St. Monika, Serpong.

3.4. GUA MARIA RATU DAMAI
        Terdapat di Panti Werdha Bakti Serpong, Pamulang. Termasuk dalam Paroki St. Barnabas                   Rasul, Pamulang, Tangerang Selatan.

3.5. GUA MARIA FATIMA
        Terdapat di Paroki St. Arnoldus Janssen, Bekasi.

3.6. GUA MARIA PENOLONG ABADI
         Terdapat di Gereja St. Stefanus, Cilandak


3.7.  GUA MARIA PAROKI KELUARGA KUDUS PASAR MINGGU


3.8.  GUA MARIA GEREJA ST. FRANSISKUS ASISI
          Terdapat dalam Paroki Menteng Dalam, Tebet.


3.9.  GUA MARIA GEREJA ST. IGNATIUS LOYOLA
          Terdapat di Jl. Malang, Jakarta Pusat


3.10. GUA BUNDA MARIA RATU PARA RASUL
           Terdapat di Gereja St. Theresia, Menteng.


3.11.  GUA MARIA LOURDES
            Terdapat di Gereja Katedral, Jakarta


3.12.  GUA MARIA GEREJA ST. YOSEPH MATRAMAN


3.13.  GUA MARIA GEREJA ST. ALFONSUS RODRIQUEZ PADEMANGAN



4. KEUSKUPAN PURWOKERTO

Gereja Katedral Kristus Raja, Keuskupan Purwokerto.

4.1. GUA MARIA KALIORI
       Terletak 20 km dari Purwokerto arah ke Banyumas. Terdapat Taman Rosario Hidup dengan 15            relief peristiwa renungan rosario.



4.2. GUA MARIA  KLACES, NUSA KAMBANGAN
       Terletak di Desa Klaces, Kecamatan Kampung Laut, Cilacap. Termasuk  dalam Paroki St.                    Stephanus. Gua Maria ini adalah gua alami yang merupakan Gua Maria peninggalan                            jaman Belanda. Patung Bunda Maria yang berada di dalam gua batu tersebut adalah stalakmit              yang bentuknya menyerupai Patung Bunda Maria. Jalan masuk ke dalam gua ini sempit,                      sehingga harus masuk satu persatu.
       Perjalanan kesana bisa melalui Pelabuhan Sleko di Cilacap menuju Desa Klaces, 2 jam                        perjalanan dengan menggunakan kapal motor kecil. Masih harus menempuh 4 km lagi dari                  dermaga Desa Klaces menyusuri jalan setapak melintasi hutan. Terdapat angkutan ojek menuju          lokasi.

Stalakmit yang menyerupai Patung Bunda Maria
di dalam  gua batu alami.
5. A. KEUSKUPAN SEMARANG
Gereja Katedral Santa Perawan Maria Ratu Rosario Suci,
Keuskupan  Semarang
   
5.1. GUA MARIA KEREP
       Terdapat di kota Ambarawa. Tempat ini sudah ditata dengan sangat rapi dan mempunyai tempat    parkir yang sangat luas. Terdapat sumber air suci tepat disebelah gua. Tempat ini ramai  dikunjungi tidak hanya pada bulan Maria, tetapi juga pada akhir pekan dan hari libur nasional. Di tempat ini pula dibangun dan diresmikan Patung Bunda Maria tertinggi di Asia Tenggara.


Ketika mengunjungi Gua Maria Kerep, Ambarawa.


 5.2. GUA MARIA SENDANG SRININGSIH
        Terdapat di Paroki Santa Maria Bunda Kristus, Wedi, tepatnya di Dusun Jali, Desa Gayamharjo,
        Prambanan.



5.3. GUA MARIA SENDANG RATU KENYA / HATI IBU YANG BAHAGIA
       Terdapat di Paroki St. Ignatius, Danan, Giriwoyo, Wonogiri. Terletak dipinggir jalan raya                    Wonosari- Wonogiri.



5.4. GUA MARIA MOJOSONGO
       Terdapat di Paroki Santa Maria Regina Purbowardayan di Debegan, Kelurahan Mojosongo,
       Kecamatan Jebres, Solo. Terletak di Jalan Brigjen Katamso, Solo.
       Terdapat sendang atau sumber air di lokasi ini.




Lokasi sedang direnovasi pada akhir 2013.

Taman Doa
5.5. GUA MARIA SENDANG PAWITRA SINAR SURYA
       Terdapat di Paroki St.Pius X. Letaknya 3 km dari obyek wisata Tawangmangu, di Dusun                    Sendang, Desa Panjang, Kecamatan Tawangmangu, Karang Anyar.

Gua Maria Sendang Pawitra Sinar Surya sebelum dirusak.
Setelah terjadi pengrusakkan pada 14 Desember 2011, Kepala Patung Bunda Maria
 dipenggal, patung-patung malaikat dihancurkan dan Salib Yesus raib.
5.6. GUA MARIA MARGANINGSIH
       Terdapat di Paroki Santa Maria Bunda Kristus, Wedi, tepatnya di Desa Ngaren, Bayat, Klaten.


5.7. GUA MAWAR MARIA
       Terdapat di Paroki Hati Tak Bernoda Santa Perawan Maria di Desa Kembang Sari, Kecamatan            Musuk, Boyolali. Tepatnya di Jl. Merbabu No. 24, Boyolali.



5.8. GUA MARIA SENDANG SANCTA ROSA MYSTICA
         Terletak di Dusun Banyuurip, Desa Jelok, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang, tepatnya          arah Bawen menuju Salatiga.



5.9.  GUA BUNDA MARIA RATU BESOKOR
         Terletak di Dusun Besokor, Desa Sidomukti, Kecamatan Weleri, Kendal. Tepatnya 4 km kearah
          selatan Weleri ( Jl. Weleri-Sukorejo ). Ada sumber air alami yang terdapat di gua tersebut.


Saat berziarah ke GBMR, medio Mei 2013.

5.10. GUA MARIA RATU ROSARI JUWANA
         Terletak di Jl. WR. Supratman 1, Juwana, tepatnya 12 km dari Pati -  Rembang. Terdapat di                Paroki St.Maria la Salette, Juwana.


5.11. GUA MARIA GRABAG
          Terdapat di Wilayah St. Yusuf Grabag, Magelang.

5.12. GUA MARIA PERTAPAAN SUSTERAN GEDONO
         Terdapat di Magelang.

5.13. PERTAPAAN ST. MARIA RAWASENENG





          Terdapat di Temanggung

5.14. GUA MARIA NGALIYAN
         Terletak di Panti Asuhan Wikrama Putra Semarang, Ngaliyan, Semarang.

5.15. GUA MARIA BUNDA PEMERSATU
          Terdapat di Paroki Jumapolo, Karanganyar.

5.16. GUA MARIA PERENG GETASAN
          Terdapat di Paroki Paulus Miki Salatiga, Dusun Jampelan, Desa Getasan, Kabupaten                           Semarang.

5 B. KEVIKEPAN YOGYAKARTA

5.17. GUA MARIA LOURDES SENDANG SONO
         Terletak di Paroki Promasan, Kalibawang, Kulon Progo. Ada sumber mata air tidak jauh dari              lokasi gua. Tempat ini sudah ditata dengan baik dan rapi. Terdapat tempat parkir yang cukup              luas bagi peziarah yang membawa kendaraan pribadi maupun rombongan dengan bus besar.      


5.18. GUA MARIA SENDANG JATININGSIH
         Terletak di Desa Jitar, Sumber Agung, Moyudan, Sleman. Jalur Sendangsono- Yogyakarta                  lewat Nanggulan - Godean.


5.19 GUA MARIA PENGANTAR WAHYU TRITIS
        Terdapat di Paroki St. Petrus Kanisius, Dusun Bulu, Desa Giring, Kecamatan Paliyan Kabupaten         Gunung Kidul, Wonosari. Dari Lapangan Terbang Gading kearah Playen - Paliyan - Pasar                   Triwono - Singkil jaraknya 28 km. Letaknya di Pegunungan Seribu. Gua ini adalah gua alam.





5.20.  SALIB SUCI GUNUNG SEMPUL
          Terdapat di Paroki Pugeran, Gereja Salib Suci di Kecamatan Kasihan,  Kabupaten Bantul.


5.21. GUA MARIA LAWANGSIH
         Terletak di Dusun Patihombo, Desa Purwosari Kecamatan Girimulyo Kabupaten Kulonprogo,            20 km dari Sendangsono atau 13 km dari Sendang Jatiningsih. Termasuk kedalam Stasi Pelem             Dukuh, Paroki Nanggulan.



5.22. GUA MARIA SENDANG ROSARIO
         Terletak di Stasi Ngijorejo, Paroki Wonosari, Gunung Kidul, tepatnya di Desa Ngijorejo,                    Kecamatan Gading, Wonosari, dekat dengan Lapangan Terbang Gading.



5.23. CANDI GEREJA HATI KUDUS TUHAN YESUS
         Terdapat di Ganjuran, Bantul Km. 16 Yogyakarta - Bantul - Pantai Samas.


5.24. SUMUR MARIA KITIRAN MAS
         Terdapat di Gereja Santa Maria Assumpta, Jl. Raya Yogyakarta - Kaliurang  Km. 17


5.25. MAKAM ROMO RICHARDUS KARDIS SANDJAJA , PR.
         Terletak di Jl. Kartini, Muntilan.


5.26. GUA MARIA WATU BLENCONG BOROSUCI
          Terdapat di Paroki Boro, Banjarasri, Kalibawang, Kulon Progo.

5.27. TAMAN MARIA WAHYU IBUKU GIRIWENING
          Terdapat di Sengon Kerep, Sampang, Gendangsari, Gunung Kidul, Yogyakarta.

6. KEUSKUPAN MALANG

Gereja Katedral Malang terletak di Jl. Ijen, Malang.
6.1. GUA MARIA SENDANG PURWANINGSIH
       Letaknya dekat dengan lokasi wisata Pantai Ngliyep, 53 km dari kota Malang. Tepatnya di                  Purworejo, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, Jawa Timur.


6.2. GUA MARIA SENDANG RETNO ADI
       Letaknya di Ngadireso, Tumpang, Poncokusumo, Malang. Terdapat Pertapaan / Biara Suster              Karmel.



6.3. GUA MARIA JATININGRUM
       Terdapat di Paroki Ratu Para Rasul, Curah Jati, 45 km dari Banyuwangi. Sebelum tahun 1995            dikenal sebagai Gua Maria Waluyaning Tiyang Sakit.


7. KEUSKUPAN SURABAYA




7.1. GUA MARIA LOURDES PUH SARANG
       Terletak di Gereja Santa Maria Lourdes,  Desa Puh Sarang, Kecamatan Semen, Kediri. Termasuk        dalam Paroki St. Vincentius A Paulo.

Komplek Gereja Santa Maria Lourdes, Puh Sarang.


7.2. GUA MARIA SENDANG WALUYO JATININGSIH
       Terletak di Klepu, Kecamatan Sooko, Kabupaten Ponorogo.


Sendang/ sumber air.

7.3  GUA MARIA SENDANGREJO
       Terletak di Stasi Ngadirejo, Desa Ngadirejo, 5 km ke arah utara Blitar.


7.4.  GUA MARIA GEREJA KELAHIRAN SANTA PERAWAN MARIA
          Terdapat di Jalan Kepanjen, Surabaya



Ketika berkunjung pada bulan Juni 2017

8. KEUSKUPAN AGUNG DENPASAR

Gereja Katedral Roh Kudus, Keuskupan Agung Denpasar.
8.1. GUA MARIA PALASARI
       Terletak di Desa Palasari di Gereja Hati Kudus Yesus. Penduduk Desa Palasari 100% beragama          Katolik.

Gua Maria Palinggih Ida Kaniaka Maria Palasari.
8.2. GUA MARIA AIR SANIH
       Terletak di Dusun Yeh Sanih. Jalur Singaraja - Amlapura 12 km.


8.3. GUA MARIA SLABIH
       Terdapat di Stasi Selabih. Masuk dalam Paroki St. Maria Ratu Gumbrih.

8.4. GUA MARIA GUMBRIH
        Terdapat di Gereja Paroki St. Maria Ratu Gumbrih.

8.5. GUA MARIA BIARA CARMEL BATURITI
        Terdapat di Paroki St. Maria Immaculata, Tabanan.

9. KEUSKUPAN PANGKAL PINANG

Gereja Katedral St. Yosef,
 Keuskupan Pangkal Pinang,  Bangka.
9.1. GUA MARIA YUNG FO
       Terletak di Katedral Paroki St. Yosef di Wisma Keuskupan Pangkal Pinang, Jl. Batu Kadera
       No. 545 A, Pangkal Pinang.



9.2. GUA MARIA PELINDUNG SEGALA BANGSA
       Terletak di Paroki Santa Perawan Maria Dikandung Tanpa Noda, Bukit Mo Thian Liang,                    Belinyu, Bangka, 90 km dari Pangkal Pinang.



Ketika berkunjung ke Gua Maria Pelindung Segala Bangsa medio April 2017

9.3. GUA MARIA BUNDA PELINDUNG
       Terletak di Paroki Hati Santa Perawan Maria Yang Tidak Bernoda, Teluk Dalam, Pantai Trikora,        Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau.

9.4. BUNDA MARIA DIATAS PERAHU
       Terdapat di Pulau Galang, tepatnya di lokasi Ex Pengungsian Vietnam (Ex Sinam). Dikelola oleh Tim Renovasi dan Pemeliharaan dari Mudika Paroki St. Aloysius Gonzaga, Blok H, Muka Kuning, Batam.


                                                   


Saat mengunjungi P. Galang di bulan Mei 2015
       Di komplek yang sama pada situs ini terdapat Gereja Katolik Nha Tho Duc Me Vo Nhiem 
       ( Maria Dikandung Tanpa Noda Dosa )* terjemahan bebas.




Kotak Dana Sumbangan Sukarela yang terletak di dalam pintu masuk utama gereja

9.5. GUA HATI TERSUCI SANTA PERAWAN MARIA
       Terletak di Paroki Beato Damian, Komplek Green Town Blok Q No. 21, Bengkong Harapan,              Batam.

9.6. TEMPAT ZIARAH BUNDA MARIA GUADALUPE
       Terdapat di Kapel Hati Kudus Yesus, Stasi Sungaibati Tebing, Paroki Tanjung Balai Karimun,            Kepulauan Riau.


9.7. GUA MARIA LOURDES RATU DAMAI
       Terdapat di Paroki St. Petrus Lubuk Baja, Nagoya, Batam.


9.8. GUA MARIA KANAAN
       Terletak di Gereja Katedral St. Yohanes Pembaptis, Jl. Depati Amir,  Kelurahan Batu Rusa,                Kecamatan Merawang, Kabupaten Bangka.



10. KEUSKUPAN TANJUNG KARANG



Gereja Katedral Kristus Raja, Tanjung Karang

10.1. GUA MARIA PADANG BULAN
         Terletak di Pringsewu, 3 km arah Kabupaten Tanggamus. Ditempat ini terdapat Rumah Retret
          La Verna.

Rumah Retret La Verna 
10.2. GUA MARIA FAJAR MATARAM
         Terletak di Desa Merapi, Kelurahan Fajar Mataram, Kecamatan Seputih Mataram, Bandarjaya,            Kabupaten Lampung Tengah.


11. KEUSKUPAN ATAMBUA

Gereja Katedral Atambua
11.1. GUA MARIA BETUN
         Jaraknya 4 km dari Gereja Santa Maria Fatima, Atambua.

11.2. GUA MARIA BUNDA PENGANTARA RAHMAT
         Terletak di Stasi Silawan, Paroki Stella Maris, Atapupu, Timor Tengah Utara, 50 m dari                       perbatasan Timor Lorosae.

11.3. GUA MARIA BITAUNI
         Terdapat di Paroki Santa Maria Penyelenggara Segala Rahmat, Kiupukan, Pos Kefa.

11.4. GUA MARIA KAPELA WILAIN
         Terdapat di Paroki Santo Aloysius Gonzaga Haekesak, Pos Atambua.

11.5. GUA MARIA FATUBESI  DAN GUA MARIA WEHASAN
         Terdapat di Paroki Santo Petrus Lahurus, Keuskupan Atambua.
         Terletak didaerah perbukitan yang indah. Jarak Gua Maria Fatubesi 500 m dari Gereja Paroki              Atambua. Sedangkan Gua Maria Wehasan berjarak 2 km dari Paroki Lahurus.

12. KEUSKUPAN LARANTUKA

Gereja Katedral Reinha Rosari, Larantuka.
Gereja Katedral Reinha Rosari, Larantuka.
12.1. MUSEUM MAKAM MGR.GABRIEL MANEK, SVD. 











12.2 GUA MARIA WATO JONG
         Terdapat di Paroki Santa Maria Diangkat ke Surga, Bama, Lewokluo.

12.3.  KAPEL TUAN MA 





13. KEUSKUPAN MAUMERE


Gereja Katedral St. Yoseph, Maumere.

13.1. TAMAN ZIARAH WISUNG FATIMA
         Terletak di Paroki Santa Perawan Maria Yang Tak Bernoda, Lela, Maumere.




14. KEUSKUPAN AGUNG KUPANG

Gereja Katedral Kristus Raja, Keuskupan Kupang.
14.1. GUA MARIA LOURDES
         Terdapat di Paroki Kristus Raja, Kupang.

15. KEUSKUPAN AMBOINA
Gereja Katedral St. Fransiskus Xaverius,
Keuskupan  Amboina, Ambon.
15.1. GUA MARIA BUNDA HATI KUDUS
         Terletak di Waur Melati, Pulau Seram, tepatnya di Pastoran Kamal Waisarisa.

15.2. GUA MARIA PANJANG
         Jaraknya kurang lebih 5 km dari Ambon.

15.3. GUA MARIA DAN BUKIT GOLGOTA DI MASBAIT
         Terletak di Masbait, Desa Klanit, Langgur. Maluku Tenggara di Kepulauan Kei - Aru.

15.4. PATUNG KRISTUS RAJA
         Terdapat di Olilit Saumlaki, Kabupaten Maluku Tenggara Barat.

16. KEUSKUPAN MANADO

Katedral Hati Tersuci Maria, Manado

16.1. GUA MARIA BUNDA BUKIT KAROMBASAN
         Terdapat di Paroki Hati Kudus Karombasan, Manado.

16.2. GUA MARIA REDEMTORIS MATER
         Terletak di Paroki St. Yoseph, Manado.

16.3. GUA MARIA BUNDA HATI KUDUS
         Terdapat di Desa Woloan, Tomohon.

16.4. JALAN SALIB SUCI MAHAWU
         Terletak di Lingkar Timur, Kakaskasen III, Tomohon.

16.5. GUA MARIA KARMEL
         Terdapat di Desa Kiawa 1, Kawangkoan dan termasuk dalam Stasi St. Yoseph Pekerja.

16.6. GUA MARIA TAMAN DOA KASUANG
         Terdapat di Paroki St. Antonius Padua, Tataaran, Tondano.

16.7. GUA MARIA MAHAWU PILGRIM
         Terdapat di Paroki St. Fransiskus Xaverius, Kakaskasen, Tomohon.

17. KEUSKUPAN MAKASAR

Gereja Katedral Makasar


17.1. GUA MARIA BALLA
         Terletak di Pena, Polmas, Toraja.

17.2. GUA MARIA SOPPENG
         Terletak di Paroki Santa Perawan Maria Bunda Pengharapan. Jl. Samudera 48, Watan Soppeng,          Sulawesi Selatan.

17.3. GUA MARIA SENDANG MULYASARI
         Terletak di Paroki Kendari tepatnya di Kota Unaaha, Kendari, Sulawesi Tenggara.

18. KEUSKUPAN AGUNG SAMARINDA

Gereja Katedral Santa Maria Penolong Senantiasa,  Samarinda.
Dikomplek Gereja ini ada Gua Maria.
18.1. GUA MARIA KATEDRAL SANTA MARIA PENOLONG SENANTIASA
         Letaknya di Gereja Katedral Santa Maria Penolong Senantiasa, Samarinda.


18.2. GUA MARIA BUKIT RAHMAT
         Letaknya di Rumah Retret Bukit Rahmat. Putak, Loa Duri, Loa Janan , Tenggarong, Kutai                  Kertanegara, 3 km dari Balikpapan.


18.3. GUA MARIA TANJUNG ISUI
         Terletak di Paroki Tanjung Isui, Kutai Barat.

18.4. GUA MARIA MAPAN
         Terletak di Mapan, Melapeh, Kutai Barat.

18.5. GUA MARIA REGINA PACIS
         Terletak di Sumber Rejo, Balikpapan di Paroki Dahor Balikpapan.

18.6. GUA MARIA UTUSLAH ROH KUDUSMU YA TUHAN
         Terletak di Km.45 Balikpapan atau Km. 70 Samarinda, tepatnya di Semboja, Kutai                               Kertanegara. Termasuk dalam Paroki Dahor Balikpapan.

19. KEUSKUPAN BANJARMASIN

Gereja Katedral Banjarmasin.
19.1. GUA MARIA KATEDRAL BANJARMASIN

19.2. GUA MARIA MANIKAM DAMAI
         Terletak di Mandam, Hampang, Kota Baru.

20. KEUSKUPAN SINTANG

Suasana perarakan sebelum Misa di
Gereja Katedral Sintang.
20.1. GUA MARIA SEJIRAM
         Terdapat di Kapuas Hulu.

20.2. GUA MARIA TAHTA KEBIJAKSANAAN PUTUSSIBAU
         Berada di Jl. Lintas Timur Simpang Melapi, Kabupaten Kapuas Hulu, 4 km dari Putussibau.
         Termasuk dalam Paroki Putussibau.

21. KEUSKUPAN TANJUNG SELOR

Katedral Santa Maria Assumpta, Tanjung Selor


21.1. GUA MARIA SEI MENTOGOG
         Berjarak 13 km letaknya dari Gereja Paroki Santa Maria Immaculata di Jl. Jendral Sudirman                252, Kampung Baru, Tarakan, Kalimantan Timur.

21.2. GUA MARIA SLOANG LOAM ( IBU KEHIDUPAN )
         Terletak di Paroki Santo Petrus Sungai Kayan, tepatnya di Desa Long Lembu. Letaknya cukup
         jauh dan harus ditempuh dengan pesawat terbang dan dua kali berganti speedboat.
         Dari Balikpapan naik pesawat ke Tarakan (55 menit) lalu dengan speedboat ke Tanjung Selor
         (75 menit) lalu dengan speedboat ke Desa Lembu (120 menit).

22. KEUSKUPAN AGUNG PONTIANAK

Gereja Katedral St. Yoseph, Keuskupan Pontianak
22.1. GUA MARIA TOHO
         Terdapat di Paroki Katedral Pattimura Pontianak, Kecamatan Toho, Kabupaten Pontianak, 77               km dari kota Pontianak.

22.2. GUA MARIA RIAM MERASAP
         Terletak di Paroki St.Pius Bengkayang, Desa Segonde, Kecamatan Sanggau Ledo, Kota
         Bengkayang, Kabupaten Sambas.

22.3. GUA MARIA RATU PENCINTA DAMAI ANJUNGAN
         Terletak di Sungai Pinyuh, Anjungan, 60 km dari Pontianak. Termasuk dalam Paroki Sungai              Pinyuh.

22.4. GUA MARIA SANTOK
         Terletak di Paroki Kristus Raja Sambas, Kecamatan Sajingan Besar, Kabupaten Sambas.

23. KEUSKUPAN SANGGAU

Katedral Sanggau

23.1. GUA MARIA PUSAT DAMAI

23.2. GUA SANTA MARIA PERAWAN TAK BERNODA 
         Riam Macan.

24. KEUSKUPAN PALEMBANG


Katedral Santa Maria Ratu Rosario, Palembang

24.1. GUA MARIA RATU ROSARI
           Terletak di Komplek Pondok Kristofel dan Rumah Biara SCJ, Jambi.

24.2.  GUA MARIA ROSA MYSTICA PODOMORO
            Terletak di dalam Komplek Panti Werdha Sumarah, Desa Sukamoro, Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan.





Lokasi didalam sebuah jalan kecil. Tidak ada petunjuk jalan. Disarankan menggunakan googlemap untuk memudahkan mencari lokasi.

25. KEUSKUPAN AGUNG MEDAN


Katedral Medan

25.1. GRAHA MARIA ANNAI VELANGKANNI ( MARIAN SHRINE OF ANNAI  
         VELANGKANNI )
         Merupakan sebuah Rumah Doa dan Gereja Katolik di Medan dan terdapat Gua Maria dengan
         sumber mata air alam. Beralamat di Perumahan Sakura Indah  Jl. Sakura III No. 7-10. Tanjung
         Selamat, Medan.



Di bawah altar terdapat sumber air suci. 




Foto dan Keterangan Dari Berbagai Sumber dan Dok. Pribadi.