Selamat Datang

Selamat membaca. Semoga bermanfaat !

Sabtu, 25 Mei 2013

GOA MARIA SUMBER KAHURIPAN, CIBADAK, SUKABUMI



Goa Maria Sumber Kahuripan Cibadak, Sukabumi, Jawa Barat
Sekolah Mardi Yuana Cibadak, Sukabumi. Kendaraan peziarah dapat diparkir dihalaman  ini.

Goa Maria tampak dari atas
Gereja St. Fransiskus Asisi



Jalan menuju lokasi Goa Maria.
       Goa Maria Sumber Kahuripan terletak di dalam komplek Sekolah Mardi Yuana Cibadak, Sukabumi. Setelah tiba di terminal Cibadak terdapat plang penunjuk jalan menuju ke Pelabuhan Ratu kearah kanan. Komplek sekolah terletak 300 m tepat dikiri jalan. 
       Luas keseluruhan area adalah dua hektar termasuk bangunan Sekolah Mardi Yuana dibagian depan, bangunan Gereja St. Fransiskus Asisi di bagian tengah, Goa Maria Sumber Kahuripan di belakang gereja serta halaman rumput yang luas dibelakang gereja. Karena kontur tanahnya yang naik turun, maka terdapat banyak tangga-tangga batu disekitar lokasi. Hanya ada dua orang pekerja saja yang merawat kebersihan dan menjaga lokasi goa dan gereja diluar dari pengelola komplek sekolah.
       Toilet untuk pengunjung terdapat di samping gereja dan kebersihannya sangat terjaga. Demikian juga dengan taman dan tanaman didalamnya. 
       Tempat parkir kendaraan peziarah terdapat didalam komplek sekolah yang gerbangnya terdapat disebelah kiri dari gedung utama. Ada petugas Satpam yang akan membukakan gerbang bagi peziarah yang datang. 
       
Kamar mandi untuk siraman


Tangga samping menuju ke halaman belakang
       Ada sumber air alami di lokasi ini, tetapi karena jarak mata airnya jauh dari lokasi goa, maka air dialirkan dengan bantuan mesin pompa dan ditampung di sebuah bak batu tepat disebelah kiri goa.
Sedangkan bagi peziarah yang hendak mandi siraman, terdapat dua buah kamar mandi yang didalamnya terdapat bak batu serta tempat duduk juga dari batu.




Perhentian yang dibuat 2 in 1
       Area jalan salib di lokasi ini terhitung pendek karena jarak antar perhentiannya yang hanya sekitar 2 sampai 3 meter dan masing-masing perhentian terdiri dari dua peristiwa perhentian atau dibuat 2 in 1.
Bagi mereka yang memerlukan lilin dan buku doa dapat mengambil sendiri di kotak biru tepat di depan goa. Terdapat kotak sumbangan untuk lilin dan perawatan goa di tiga lokasi berbeda.

Patung St. Fransiskus Asisi di halaman belakang gereja

Tempat mengambil air tepat disebelah goa

Diorama Makam Yesus

Ruang doa


Halaman belakang yang luas

Saat berkunjung ke Goa Maria Sumber Kahuripan
         Setelah selesai berdoa dan jalan salib, kami berkesempatan untuk berdoa didalam
Gereja St. Fransiskus Asisi. Bangunan gereja tampak sederhana dengan didominasi kayu. Namun suasana hening dan udara yang sejuk menjadi nilai tambah lebih yang membuat ziarah kali ini amat berkesan dan menjadi pengalaman iman yang baru bagi kami.