Selamat Datang

Selamat membaca. Semoga bermanfaat !

Senin, 23 Juli 2012

GOA MARIA LEMBAH KARMEL PUNCAK


Goa Maria Lembah Karmel Puncak terletak di Desa Cikanyere, Cipanas, Jawa Barat.
Ibadat Misa diadakan tiap hari Minggu pagi pukul 9.30. Tetapi hanya minggu ke-2 dan ke-4 diadakan Misa Penyembuhan. Oleh sebab itu pada saat-saat tersebut pengunjungnya lebih ramai. Bahkan mereka ada yang datang dari luar kota/daerah. Bagi mereka yang memerlukan penginapan didalam areal lingkungan gereja disediakan penginapan tidak jauh dari lokasi dan dikelola oleh para suster biara Karmel. Tempat ini juga rutin menyelenggarakan rekoleksi dan retret sepanjang tahun. Terdapat pula kantin yang menjual aneka makanan dan minuman yang juga dikelola oleh para suster. Di sebelah kanan luar dari kantin terdapat kios sayuran segar yang merupakan hasil budidaya dari para pater dan bruder yang mengabdi di tempat ini. Sayur-sayurannya ditanam dengan sistem organik tetapi harganya murah. Selain itu, mereka juga mengelola sebuah toko souvenir rohani di belakang kantin yang menjual aneka benda rohani seperti rosario, salib, buku doa, lilin dan CD lagu rohani.
Area yang luas dan hijau dengan pemandangan gunung dan pepohonan serta sejuknya udara Puncak, menjadikan tempat ini selalu menjadi pilihan bagi umat Katolik yang ingin menghabiskan waktu bersama keluarga dengan mengikuti misa pada pagi hari dan kemudian bersantai ditaman-taman yang luas serta menikmati hidangan beraneka rupa yang tersedia.
Misa di Gereja St. Theresia terasa lebih meriah sebab para Pastor dan Suster menggabungkan tradisi Kristen dan Katolik. Pada awal pembukaan, umat akan bernyanyi diiringi musik meriah dan bertepuk tangan sambil berdiri membawakan sekitar 7 atau 8 lagu. Lalu memasuki ibadat, umat mengikuti secara khidmat ala Katolik sampai ibadat selesai. Inilah yang disebut Kharismatik dalam ajaran Katolik.


                Didepan Gereja St. Theresia de Lisieux, Lembah Karmel, Puncak, Jawa Barat