Selamat Datang

Selamat membaca. Semoga bermanfaat !

Minggu, 13 Oktober 2013

ONELINK PLAZA

       Onelink Plaza yang terletak di Jiefang South Road di area Haizhu Square, Guangzhou, merupakan pusat grosiran pernak-pernik yang cocok dijadikan oleh-oleh.
       Harganya murah untuk pembelian grosir. Sebagai contoh, gelang karet yang ketika ditanya berapa harga satuannya, akan dijawab dengan kernyitan dahi dan asal sebut, 5 Yuan. Tetapi bila kita tanya berapa harga perlusinnya akan menjadi 24 Yuan. Karena tujuannya untuk oleh-oleh, sekalian saja membeli lusinan.

       Demikian pula dengan gantungan kunci unik yang terbuat dari kain. Harga satuannya adalah 5 Yuan, tetapi bila membeli 1 lusin harganya menjadi 32 Yuan. Untuk pajangan, harganya 15 Yuan, membeli 6 buah harganya turun menjadi 78 Yuan. Untuk barang yang lebih mahal lagi, aku memperoleh sebuah pajangan unik seharga 35 Yuan dari harga awalnya 50 Yuan, 170 Yuan dari harga awal 200 Yuan dan 25 Yuan dari harga awal 45 Yuan.
       Belanja di pusat grosir memang lebih murah. Dan harga disini memang super murah pula. Untuk sebuah barang yang sama persis dengan yang pernah kulihat di Jakarta, yakni sebuah pajangan dari kuningan, disini dijual seharga 170 Yuan (setara Rp.322.150/kurs 1Yuan=Rp.1.895) ,di Jakarta dibanderol Rp. 1.300.000 nett. Rasanya 'happy' selangit bisa mendapatkannya.